Admin Suwara Timur November 30, 2017

DOBO,SUWARATIMUR.COM  – Pemerintah Kabupaten Kepulauan Aru melalui Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Aru bersama Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) siap untuk menekan laju Inflasi di daerah ini terutama harga Ikan dipasar .

“ Inflasi yang besar akan membebani kondisi masyarakat untuk mengkomsumsi ikan,”kata Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Kepulauan Aru Ongky Gutanjala di Kantor tersebut Kamis (30/11/2017).

Menurut dia Daerah ini memliki potensi perikana cukup tinggi,dengan berbagai jenis ikan di pasar sangat tinggi baik itu untuk local Aru ,Nasional mapun Mancanegara, kendati demikian pada kenyatannya dipusat kabupaten , kota dobo“Terutama sepanjang tahun. ikan rata-rata memiliki nilai pasa yang cukup tinggi,sehingga sebagian komponen masyarakat tertentu tidak terjangkau untuk membeli ikan di daerah ini,dengan demikian terjadi Inflasi.

Ada beberapa jenis ikan seperti momar dan lema kedua jenis ikan tersebut sangat melimpa di kabupaten kepualaun Aru  namun kenyataannya memiliki harga pasar cuikup tinggi di tingkat local.Ini menimbulkan pertanyaan dan dampaknya sangat mempengarui terhadap kelompok masyarakat.

Jenis ikan tersebut melimpah di aru, namun pemasarannya keluar daerah .Selama ini ikan yang terserap dipasar kota dobo , cuma yang ada serbagaian kecil saja , tentu permintaannya banyak tetapi ketersdiaan ikan cukup sedikit, hal ini sangat berpengaru terhadap harga. Kondisi ini telah di antisipasi oleh pihaknya , serta kami telah mengambil langka-langka mengatasi harga yang cukup tinggi , terutama jenis ikan tersebut sehingga berdampak pada inflasi.

Untuk itu pihaknya mengharapkan kepada perusahaan tangkap , agar sebagaian volume ikan. dipasarkan dipusat kota dobo , jangan seluruhnya pasarkan ,keluar kabupaten,,pihaknya akan melakukan hal ini menjelang Natal dan tahun baru.

“Sehingga mampu menolong komponen masayarakat yang selama ini sulit terjangkau untuk membeli ikan. Sejauh ini kami telah koordinasi dengan tim pengendali Inflasi Daerah dan telah malakukan langka-langka konkrit baik itu jangka pendek yang sudah dilakukan maupun jangka panjang.

“Tak hanya itu Dinas DKP Aru mengaku mempunyai trik untuk menekan laju inflasi jangka panjang diharapkan kehadiran TPI Aru yang tidak lama lagi akan dioperasikan , bisa menjawab persoalan inflasi terutama harga ikan,”Pungkasnya.(ST02)

Leave a comment.

Your email address will not be published. Required fields are marked*